Kamis, 10 Januari 2013

TUGAS



Tugas Java


import java.awt.*;
→ mengambil semua file dari package javax.swing.
class Layout extends JFrame {
→c lass Swing turunan dari class JFrame
JButton B0,B1, B2, B3, B4,B5, B6, B7, B8, B9, B10, B11 ;
→ membuat komponen  Button dengan objek B0,B1, B2,
B3, B4,B5, B6, B7, B8, B9, B10, B11 dari class JButton
JLabel lNama,lNama2,lNama3;
→ membuat komponen  Label dengan objek lNama, lNama2,
lNama3 dari class JLabel
JPanel P1,P2,P3;
→ membuat komponen  Panel dengan objek P1, P2,P3 dari class JPanel

public Layout() {
→ membuat class dengan  nama Layout
setTitle("MULTI LAYOUT");
→ membuat judul layout
JLabel lNama= new JLabel("Flow Layout" );
→ membuat objek baru dari class Jlabel dengan objek lNama dan modifier JLabel
yang isinya “Flow Layout”
JButton B0=new JButton ("0");
→ membuat JButton BO baru dan memasukkan nilai 0
JButton B1=new JButton ("1");
→ membuat JButton B1 baru dan memasukkan nilai 1
JButton B2=new JButton ("2");
→ membuat JButton B2 baru dan memasukkan nilai 2
JButton B3=new JButton ("3");
→ membuat JButton B3 baru dan memasukkan nilai 3

JLabel lNama2= new JLabel("None Layout" );
→ membuat objek baru dari class Jlabel dengan objek lNama2 dan modifier JLabel
yang isinya “NoneLayout”
JButton B4=new JButton ("4");
→ membuat JButton B4 baru dan memasukkan nilai 4
JButton B5=new JButton ("5");
→ membuat JButton B5 baru dan memasukkan nilai 5
JButton B6=new JButton ("6");
→ membuat JButton B6 baru dan memasukkan nilai 6
JButton B7=new JButton ("7");
→ membuat JButton B7 baru dan memasukkan nilai 7
JLabel lNama3= new JLabel("Grid Layout" );
→ membuat objek baru dari class Jlabel dengan objek lNama dan modifier JLabel
yang isinya dengan nama Grid Layout
JButton B8=new JButton ("8");
→ membuat JButton B8 baru dan memasukkan nilai 8
JButton B9=new JButton ("9");
→ membuat JButton B9 baru dan memasukkan nilai 9
JButton B10=new JButton ("10");
→ membuat JButton B10 baru dan memasukkan nilai 10
JButton B11=new JButton ("11");
→ membuat JButton B11 baru dan memasukkan nilai 11

P1 = new JPanel();
→ membuat objek baru P1
P2 = new JPanel();
→ membuat objek baru P2
P3 = new JPanel();
→ membuat objek baru P3

setLayout(null);
add(lNama);
→ menanggil objek lNama
add(lNama2);
→ menanggil objek lNama2
add(lNama3);
→ menanggil objek lNama3
add(P1);
→ menanggil objek P1
add(P2);
→ menanggil objek P2
add(P3);
→ menanggil objek P3

lNama.setBounds(15,10,100,20);
→ mengatur komponen Nama di koordinat kolom 15, baris 10, lebar 100, tinggi 20
lNama2.setBounds(220,10,100,20);
lNama3.setBounds(320,10,100,20);
P1.setBounds(5,30,200,40);
P2.setBounds(215,30,200,100);
P3.setBounds(320,30,200,150);
P1.setLayout(new FlowLayout());
P1.add(B0);
→ menambahkan objek P1 dengan objek B0
P1.add(B1);
→ menambahkan objek P1 dengan objek B1
P1.add(B2);
P1.add(B3);
P2.setLayout(null);
P2.add(B4);
P2.add(B5);
P2.add(B6);
P2.add(B7);

B4.setBounds(5,10,70,20);
B5.setBounds(5,30,70,20);
B6.setBounds(5,50,70,20);
B7.setBounds(5,70,70,20);

P3.setLayout(new GridLayout(2,1));
→ membuat tampilan Form Layout dengan tampilan Grid dari objek P3
P3.add(B8);
→ menambahkan objek P3 dengan objek B8
P3.add(B9);
P3.add(B10);
P3.add(B11);
P3.setSize(100,100);
→ membuat ukuran utuk tampilan grid objek P3

setSize(450,180);
setVisible(true);
setDefaultCloseOperation(3);
→ membuat tampilan close, maximize, dan minimize pada form

}
}
                 public class Multy {
→ membuat class dengan nama Multy
                 public static void main(String[ ] args) {
                 Layout l = new Layout( );
                 }
}



Laporan Java 6
Package dan Java Kelas
Package
Package digunakan untuk mengelompokkan file kelas (*.class) yang terkait (karena jenisnya, fungsinya atau karena alas an lainnya) pada direktori yang sama, dimana di dalam setiap kelasnya terdapat directive (statement java dalam source code yang digunakan untuk membuat kelas) package yang mengacu pada direktori tersebut).
BU : Package namaPackage;
Deklarasi Import :
* Mendeklarasikan penggunaan kelas suatu package satu persatu
             Import namaPackage.namaKelas;
          * Mendeklarasikan penggunaan semua kelas suatu package
             Import namaPackage;

Java Kelas
        Sun Microsystems, Inc. selaku pengembang utama Java menyediakan banyak kelas yang dapat digunakan untuk mempermudah pembuatan aplikasi Java.
*Kelas String
          String merupakan kelas yang menangani deretan karakter. Kelas ini mendukung sejumlah method yang sangat berguna untuk manipulasi string.Beberapa method dalam kelas string adalah :
* char charAt (int indeks) : menghasilkan karakter yang terletak pada posisi indeks
* Boolean equals (object anObject) : membandingkan string ini dengan obyek lain. 
   Case sensitive
* Boolean equalsCase (String anString) : membandingkan string ini dengan obyek lain.   
   Tidak case sensitive.
* int legth() : mengembalikan nilai panjang/jumlah karakter dari string.
Kelas Math
          Math adalah kelas yang terdapat pada paket Java. Lang berguna untuk melakukan berbagai operasi matematika. Beberapa method dalam kelas math adalah :
*double abs(double a) : menghasilkan nilai mutlak dari atribut
*double ceil (double a) : mengkonversi nilai atribut dengan pembulatan ke bawah
*double floor (double a) : mengkonversi nilai atribut dengan pembulatan keatas
Langkah-langkah Praktikum :
Membuat direktori Meet6\makhlukhidup\hewan
Meet6
Makhlukhidup → .Manusia .Tumbuhan .Hewan  → tumbuhan
.MainMakhlukhidup
.MainmakhlukHidupPakeImport
.ContohString
.OpMatematika
Program Manusia.java
//file Manusia harus berada dalam folder makhlukhidup
package makhlukhidup; → kelas Manusia disimpan di folder makhlukhidup
public class Manusia {
          public String nama = ""; → Atribut
          public Manusia(String nama) { → Method
                   this.nama = nama;
          }
}
Program Tumbuhan.java
//file Tunbuhan harus berada dalam folder makhlukhidup
package makhlukhidup; → kelas Tumbuhan disimpan di folder makhlukhidup
public class Tumbuhan {
          public String nama = ""; →Atribut
          public Tumbuhan (String nama) { → Method
                   this.nama = nama;
                   }
          }
Program Burung.Java
//file Burung harus berada dalam folder makhlukhidup/hewan
package makhlukhidup.hewan; → disimpan di dalam folder hewan, hewan disimpan di makhlukhidup
public class Burung {
          public static final boolean bisaTerbang = true;
          public String nama ="";
          public Burung (String nama) { →Method
                   this.nama = nama;
                   System.out.println("Nama burung: "+nama);
          }
}
Program MainMakhlukHidup.java
//file MainMakhlukHidup harus berada dalam folder Meet6
public class MainMakhlukHidup {
public static void main(String [ ] args) {
makhlukhidup.Manusia m = new makhlukhidup.Manusia("Sayuti");
→ Memanggil constructor manusia dari kelas Manusia dan mengirim nama SayutSystem.out.println("nama : "+m.nama);
→ Menampilkan nama : Sayuti dari kelas Manusia
     makhlukhidup.Tumbuhan t = new makhlukhidup.Tumbuhan("Palem");
→ Memanggil constructor manusia dari kelas Tumbuhan dan mengirim nama Palem
     System.out.println("nama : "+t.nama);
→ Menampilkan nama : Palem dari kelas Tumbuhan
System.out.println("Semua burung pasti bisa terbang?"+makhlukhidup.hewan.Burung.bisaTerbang);
→ Menampilkan Semua burung pasti bias terbang?dari folder makhlukhidup,hewan dikelas Burung dan mengirimkan nilai True dari atribut bisaTerbang
    makhlukhidup.hewan.Burung b = new makhlukhidup.hewan.Burung("Beo");
→ Dari folder makhlukhidup.hewan dari kelas Burung membuat objek baru yang bernama b dan mengirim nilai Beo
          }
}
Hasil :
Nama : Sayuti
Nama : Palem
Semua burung pasti bias terbang?true
Nama burung : Beo

Program MainMakhlukHidupPakeImport.java
//file MainMakhlukHidup harus berada dalam folder Meet6
import makhlukhidup.*; → Memanggil semua file
import makhlukhidup.hewan.*;
public class MainMakhlukHidupPakeImport {
public static void main(String [] args) {
Manusia m = new Manusia ("Sayuti");
System.out.println("nama : "+m.nama); → Panggil atribut nama dari objek m dan mengirm Sayuti
Tumbuhan t = new Tumbuhan ("Palem");
System.out.println("nama : "+t.nama);
→ Panggil atribut nama dari objek t dan mengirm Palem
System.out.println ("Semua burung pasti bisa terbang?"+Burung.bisaTerbang);
          Burung b = new Burung ("Beo");
          }
}

Hasil :
Nama : Sayuti
Nama : Palem
Semua burung pasti bias terbang?true
Nama burung : Beo

Program ContohString.java
public class ContohString {
     public static void main(String[] args) {
     String Kalimat = "Selamat belajar JAVA";
     System.out.println("toUpperCase :"+Kalimat.toUpperCase());
     → Menampilkan Selamat belajar JAVA menjadi huruf Kapital SELAMAT BELAJAR
         JAVA
     System.out.println("tolowerCase :"+Kalimat.toLowerCase());
→  Menampilkan Selamat belajar JAVA menjadi huruf kecil selamat belajar java
      System.out.println("Jumlah karakter : " +Kalimat.length());
→  Menampilkan Jumlah Karakter tulisan dari atribut Kalimat dengan menggunakan
     method length yaitu 20
     System.out.println("Karakter index ke 0 : " +Kalimat.charAt(0));
→ Menampilkan Karakter Index ke 0 dari atribut Kalimat dengan menggunakan method
    charAt dengan posisi indeks yaitu S
     System.out.println("Substring(16,20) : " +Kalimat.substring(16,20));
→ Menampilkan Substring ke (16,2) pada Selamat belajar JAVA tulisan dari atribut
     Kalimat yang menghasilkan kata JAVA
     System.out.println("Karakter index ke 0 : " +Kalimat.trim());
→ Menampilkan Karakter Index ke 0 dari atribut Kalima yaitu Selamat belajar JAVA
          }
}
Hasil :
toUpperCase : SELAMAT BELAJAR JAVA
toLowerCase : selamat belajar java
Jumlah karakter : 20
Karakter Index ke 0 : S
Substring(16,20) : JAVA
Karakter index ke ) : Selamat belajar JAVA
Program OpMatematika.java
public class OpMatematika {
    public static void main(String[ ] args) {
    System.out.println("E                         = " +Math.E);
    System.out.println("PI                        = " +Math.PI);
    System.out.println("Ln 20                   = " +Math.log(20.0));
    System.out.println("ceil(-5.6)              = " +Math.ceil(-5.6));
    System.out.println("floor(-5.6)            = " +Math.floor(-5.6));
    System.out.println("round(-5.6)           = " +Math.round(-5.6));
    System.out.println("sqrt(25)               = " +Math.sqrt(25));
    System.out.println("pow(25,0.5)          = " +Math.pow(25,0.5));
          }
}
Hasil :
E                                    = 2.718281828459045
PI                                   = 3.141592653589793
Ln 20                              = 2.995732273553991
Ceil<-5.6>                        = -5.0
floor<-5.6>                       = -6.0
round<-5.6>                      = -6
sqrt<25>                          = 5.0
pow<25.0.5                      = 5.0

Tidak ada komentar:

Posting Komentar