Tugas Java
import
java.awt.*;
→ mengambil
semua file dari package javax.swing.
→c lass Swing
turunan dari class JFrame
JButton B0,B1,
B2, B3, B4,B5, B6, B7, B8, B9, B10, B11 ;
→ membuat
komponen Button dengan objek B0,B1, B2,
B3, B4,B5, B6,
B7, B8, B9, B10, B11 dari class JButton
JLabel
lNama,lNama2,lNama3;
→ membuat
komponen Label dengan objek lNama, lNama2,
lNama3 dari
class JLabel
JPanel
P1,P2,P3;
→ membuat
komponen Panel dengan objek P1, P2,P3 dari class JPanel
public Layout()
{
→ membuat class
dengan nama Layout
setTitle("MULTI
LAYOUT");
→ membuat judul
layout
JLabel lNama=
new JLabel("Flow Layout" );
→ membuat objek
baru dari class Jlabel dengan objek lNama dan modifier JLabel
yang isinya
“Flow Layout”
JButton B0=new
JButton ("0");
→ membuat
JButton BO baru dan memasukkan nilai 0
JButton B1=new
JButton ("1");
→ membuat
JButton B1 baru dan memasukkan nilai 1
JButton B2=new
JButton ("2");
→ membuat
JButton B2 baru dan memasukkan nilai 2
JButton B3=new
JButton ("3");
→ membuat
JButton B3 baru dan memasukkan nilai 3
JLabel lNama2=
new JLabel("None Layout" );
→ membuat objek
baru dari class Jlabel dengan objek lNama2 dan modifier JLabel
yang isinya
“NoneLayout”
JButton B4=new
JButton ("4");
→ membuat
JButton B4 baru dan memasukkan nilai 4
JButton B5=new
JButton ("5");
→ membuat
JButton B5 baru dan memasukkan nilai 5
JButton B6=new
JButton ("6");
→ membuat
JButton B6 baru dan memasukkan nilai 6
JButton B7=new
JButton ("7");
→ membuat
JButton B7 baru dan memasukkan nilai 7
JLabel lNama3=
new JLabel("Grid Layout" );
→ membuat objek
baru dari class Jlabel dengan objek lNama dan modifier JLabel
yang isinya
dengan nama Grid Layout
JButton B8=new
JButton ("8");
→ membuat JButton
B8 baru dan memasukkan nilai 8
JButton B9=new
JButton ("9");
→ membuat
JButton B9 baru dan memasukkan nilai 9
JButton B10=new
JButton ("10");
→ membuat
JButton B10 baru dan memasukkan nilai 10
JButton B11=new
JButton ("11");
→ membuat
JButton B11 baru dan memasukkan nilai 11
P1 = new
JPanel();
→ membuat objek
baru P1
P2 = new
JPanel();
→ membuat objek
baru P2
P3 = new
JPanel();
→ membuat objek
baru P3
setLayout(null);
add(lNama);
→ menanggil
objek lNama
add(lNama2);
→ menanggil
objek lNama2
add(lNama3);
→ menanggil
objek lNama3
add(P1);
→ menanggil
objek P1
add(P2);
→ menanggil
objek P2
add(P3);
→ menanggil
objek P3
lNama.setBounds(15,10,100,20);
→ mengatur
komponen Nama di koordinat kolom 15, baris 10, lebar 100, tinggi 20
lNama2.setBounds(220,10,100,20);
lNama3.setBounds(320,10,100,20);
P1.setBounds(5,30,200,40);
P2.setBounds(215,30,200,100);
P3.setBounds(320,30,200,150);
P1.setLayout(new
FlowLayout());
P1.add(B0);
→ menambahkan
objek P1 dengan objek B0
P1.add(B1);
→ menambahkan
objek P1 dengan objek B1
P1.add(B2);
P1.add(B3);
P2.setLayout(null);
P2.add(B4);
P2.add(B5);
P2.add(B6);
P2.add(B7);
B4.setBounds(5,10,70,20);
B5.setBounds(5,30,70,20);
B6.setBounds(5,50,70,20);
B7.setBounds(5,70,70,20);
P3.setLayout(new
GridLayout(2,1));
→ membuat
tampilan Form Layout dengan tampilan Grid dari objek P3
P3.add(B8);
→ menambahkan
objek P3 dengan objek B8
P3.add(B9);
P3.add(B10);
P3.add(B11);
P3.setSize(100,100);
→ membuat
ukuran utuk tampilan grid objek P3
setSize(450,180);
setVisible(true);
setDefaultCloseOperation(3);
→ membuat
tampilan close, maximize, dan minimize pada form
}
}
public class Multy {
→ membuat class
dengan nama Multy
public static void main(String[ ] args) {
Layout l = new Layout( );
}
}
Laporan Java 6
Package dan Java Kelas
Package
Package digunakan untuk mengelompokkan file kelas
(*.class) yang terkait (karena jenisnya, fungsinya atau karena alas an lainnya)
pada direktori yang sama, dimana di dalam setiap kelasnya terdapat directive
(statement java dalam source code yang digunakan untuk membuat kelas) package
yang mengacu pada direktori tersebut).
BU : Package namaPackage;
Deklarasi Import :
* Mendeklarasikan penggunaan kelas suatu package satu
persatu
Import
namaPackage.namaKelas;
* Mendeklarasikan
penggunaan semua kelas suatu package
Import
namaPackage;
Java Kelas
Sun Microsystems, Inc. selaku
pengembang utama Java menyediakan banyak kelas yang dapat digunakan untuk
mempermudah pembuatan aplikasi Java.
*Kelas String
String merupakan
kelas yang menangani deretan karakter. Kelas ini mendukung sejumlah method yang
sangat berguna untuk manipulasi string.Beberapa method dalam kelas string
adalah :
* char charAt (int indeks) : menghasilkan karakter yang terletak pada
posisi indeks
* Boolean equals (object anObject) : membandingkan string ini dengan obyek
lain.
Case sensitive
* Boolean equalsCase (String anString) : membandingkan string ini dengan
obyek lain.
Tidak case sensitive.
* int legth() : mengembalikan nilai panjang/jumlah karakter dari string.
Kelas Math
Math adalah kelas
yang terdapat pada paket Java. Lang berguna untuk melakukan berbagai operasi
matematika. Beberapa method dalam kelas math adalah :
*double abs(double a) : menghasilkan nilai mutlak dari atribut
*double ceil (double a) : mengkonversi nilai atribut dengan pembulatan ke
bawah
*double floor (double a) : mengkonversi nilai atribut dengan pembulatan
keatas
Langkah-langkah Praktikum :
Membuat direktori Meet6\makhlukhidup\hewan
Meet6
Makhlukhidup → .Manusia .Tumbuhan .Hewan → tumbuhan
.MainMakhlukhidup
.MainmakhlukHidupPakeImport
.ContohString
.OpMatematika
Program Manusia.java
//file Manusia harus berada dalam folder makhlukhidup
package makhlukhidup; → kelas Manusia disimpan di folder makhlukhidup
public class Manusia {
public String nama =
""; → Atribut
public
Manusia(String nama) { → Method
this.nama = nama;
}
}
Program Tumbuhan.java
//file Tunbuhan harus berada dalam folder makhlukhidup
package makhlukhidup; → kelas Tumbuhan disimpan di folder makhlukhidup
public class Tumbuhan {
public String nama =
""; →Atribut
public Tumbuhan
(String nama) { → Method
this.nama = nama;
}
}
Program Burung.Java
//file Burung harus berada dalam folder makhlukhidup/hewan
package makhlukhidup.hewan; → disimpan di dalam folder hewan, hewan
disimpan di makhlukhidup
public class Burung {
public static final
boolean bisaTerbang = true;
public String nama
="";
public Burung
(String nama) { →Method
this.nama = nama;
System.out.println("Nama burung: "+nama);
}
}
Program MainMakhlukHidup.java
//file MainMakhlukHidup harus berada dalam folder Meet6
public class MainMakhlukHidup {
public static void main(String [ ] args) {
makhlukhidup.Manusia m = new makhlukhidup.Manusia("Sayuti");
→ Memanggil constructor manusia dari kelas Manusia dan
mengirim nama SayutSystem.out.println("nama : "+m.nama);
→ Menampilkan nama : Sayuti dari kelas Manusia
makhlukhidup.Tumbuhan t = new
makhlukhidup.Tumbuhan("Palem");
→ Memanggil constructor manusia dari kelas Tumbuhan dan mengirim nama Palem
System.out.println("nama : "+t.nama);
→ Menampilkan nama : Palem dari kelas Tumbuhan
System.out.println("Semua burung pasti bisa
terbang?"+makhlukhidup.hewan.Burung.bisaTerbang);
→ Menampilkan Semua burung pasti bias terbang?dari folder
makhlukhidup,hewan dikelas Burung dan mengirimkan nilai True dari atribut
bisaTerbang
makhlukhidup.hewan.Burung b = new
makhlukhidup.hewan.Burung("Beo");
→ Dari folder makhlukhidup.hewan dari kelas Burung membuat objek baru yang
bernama b dan mengirim nilai Beo
}
}
Hasil :
Nama : Sayuti
Nama : Palem
Semua burung pasti bias terbang?true
Nama burung : Beo
Program MainMakhlukHidupPakeImport.java
//file MainMakhlukHidup harus berada dalam folder Meet6
import makhlukhidup.*; → Memanggil semua file
import makhlukhidup.hewan.*;
public class MainMakhlukHidupPakeImport {
public static void main(String [] args) {
Manusia m = new Manusia ("Sayuti");
System.out.println("nama : "+m.nama); → Panggil atribut nama dari
objek m dan mengirm Sayuti
Tumbuhan t = new Tumbuhan ("Palem");
System.out.println("nama : "+t.nama);
→ Panggil atribut nama dari objek t dan mengirm Palem
System.out.println ("Semua burung pasti bisa
terbang?"+Burung.bisaTerbang);
Burung b = new
Burung ("Beo");
}
}
Hasil :
Nama : Sayuti
Nama : Palem
Semua burung pasti bias terbang?true
Nama burung : Beo
Program ContohString.java
public class ContohString {
public static void main(String[] args) {
String Kalimat = "Selamat belajar JAVA";
System.out.println("toUpperCase
:"+Kalimat.toUpperCase());
→ Menampilkan Selamat belajar JAVA menjadi huruf
Kapital SELAMAT BELAJAR
JAVA
JAVA
System.out.println("tolowerCase
:"+Kalimat.toLowerCase());
→ Menampilkan Selamat belajar JAVA menjadi huruf kecil selamat
belajar java
System.out.println("Jumlah karakter :
" +Kalimat.length());
→ Menampilkan Jumlah Karakter tulisan dari atribut Kalimat dengan
menggunakan
method length yaitu 20
method length yaitu 20
System.out.println("Karakter index ke 0 :
" +Kalimat.charAt(0));
→ Menampilkan Karakter Index ke 0 dari atribut Kalimat dengan menggunakan
method
charAt dengan posisi indeks yaitu S
charAt dengan posisi indeks yaitu S
System.out.println("Substring(16,20) : "
+Kalimat.substring(16,20));
→ Menampilkan Substring ke (16,2) pada Selamat belajar JAVA tulisan dari
atribut
Kalimat yang menghasilkan kata JAVA
Kalimat yang menghasilkan kata JAVA
System.out.println("Karakter index ke 0 :
" +Kalimat.trim());
→ Menampilkan Karakter Index ke 0 dari atribut Kalima yaitu Selamat belajar
JAVA
}
}
Hasil :
toUpperCase : SELAMAT BELAJAR JAVA
toLowerCase : selamat belajar java
Jumlah karakter : 20
Karakter Index ke 0 : S
Substring(16,20) : JAVA
Karakter index ke ) : Selamat belajar JAVA
Program OpMatematika.java
public class OpMatematika {
public static void main(String[ ] args) {
System.out.println("E
= " +Math.E);
System.out.println("PI
= " +Math.PI);
System.out.println("Ln
20
= " +Math.log(20.0));
System.out.println("ceil(-5.6)
= " +Math.ceil(-5.6));
System.out.println("floor(-5.6)
= " +Math.floor(-5.6));
System.out.println("round(-5.6)
= " +Math.round(-5.6));
System.out.println("sqrt(25)
= " +Math.sqrt(25));
System.out.println("pow(25,0.5)
= " +Math.pow(25,0.5));
}
}
Hasil :
E
= 2.718281828459045
PI
= 3.141592653589793
Ln 20
= 2.995732273553991
Ceil<-5.6>
= -5.0
floor<-5.6>
= -6.0
round<-5.6>
= -6
sqrt<25>
= 5.0
pow<25.0.5
= 5.0
Tidak ada komentar:
Posting Komentar