Laporan 6
Package dan
Java Kelas
Package
Package digunakan
untuk mengelompokkan file kelas (*.class) yang terkait (karena jenisnya,
fungsinya atau karena alas an lainnya) pada direktori yang sama, dimana di
dalam setiap kelasnya terdapat directive (statement java dalam source code yang
digunakan untuk membuat kelas) package yang mengacu pada direktori tersebut).
BU : Package namaPackage;
Deklarasi Import :
* Mendeklarasikan
penggunaan kelas suatu package satu persatu
Import namaPackage.namaKelas;
* Mendeklarasikan penggunaan semua kelas suatu package
Import namaPackage;
Java Kelas
Sun
Microsystems, Inc. selaku pengembang utama Java menyediakan banyak kelas yang
dapat digunakan untuk mempermudah pembuatan aplikasi Java.
*Kelas String
String merupakan kelas yang menangani deretan karakter. Kelas ini mendukung
sejumlah method yang sangat berguna untuk manipulasi string.Beberapa method
dalam kelas string adalah :
* char charAt (int indeks) : menghasilkan karakter
yang terletak pada posisi indeks
* Boolean equals (object anObject) : membandingkan
string ini dengan obyek lain.
Case sensitive
* Boolean equalsCase (String anString) : membandingkan
string ini dengan obyek lain.
Tidak case sensitive.
* int legth() : mengembalikan nilai panjang/jumlah
karakter dari string.
Kelas Math
Math adalah kelas yang terdapat pada paket Java. Lang berguna untuk melakukan
berbagai operasi matematika. Beberapa method dalam kelas math adalah :
*double abs(double a) : menghasilkan nilai mutlak dari
atribut
*double ceil (double a) : mengkonversi nilai atribut
dengan pembulatan ke bawah
*double floor (double a) : mengkonversi nilai atribut
dengan pembulatan keatas
Langkah-langkah Praktikum :
Membuat direktori Meet6\makhlukhidup\hewan
Meet6
Makhlukhidup → .Manusia .Tumbuhan .Hewan →
tumbuhan
.MainMakhlukhidup
.MainmakhlukHidupPakeImport
.ContohString
.OpMatematika
Program Manusia.java
//file Manusia harus berada dalam folder makhlukhidup
package makhlukhidup; → kelas Manusia disimpan di
folder makhlukhidup
public class Manusia {
public String nama = ""; → Atribut
public Manusia(String nama) { → Method
this.nama = nama;
}
}
Program Tumbuhan.java
//file Tunbuhan harus berada dalam folder makhlukhidup
package makhlukhidup; → kelas Tumbuhan disimpan di
folder makhlukhidup
public class Tumbuhan {
public String nama = ""; →Atribut
public Tumbuhan (String nama) { → Method
this.nama = nama;
}
}
Program Burung.Java
//file Burung harus berada dalam folder
makhlukhidup/hewan
package makhlukhidup.hewan; → disimpan di dalam folder
hewan, hewan disimpan di makhlukhidup
public class Burung {
public static final boolean bisaTerbang = true;
public String nama ="";
public Burung (String nama) { →Method
this.nama = nama;
System.out.println("Nama burung: "+nama);
}
}
Program MainMakhlukHidup.java
//file MainMakhlukHidup harus berada dalam folder
Meet6
public class MainMakhlukHidup {
public static void main(String [ ] args) {
makhlukhidup.Manusia m = new
makhlukhidup.Manusia("Sayuti");
→ Memanggil
constructor manusia dari kelas Manusia dan mengirim nama SayutSystem.out.println("nama
: "+m.nama);
→ Menampilkan nama : Sayuti dari kelas Manusia
makhlukhidup.Tumbuhan t = new
makhlukhidup.Tumbuhan("Palem");
→ Memanggil constructor manusia dari kelas Tumbuhan
dan mengirim nama Palem
System.out.println("nama
: "+t.nama);
→ Menampilkan nama : Palem dari kelas Tumbuhan
System.out.println("Semua burung pasti bisa
terbang?"+makhlukhidup.hewan.Burung.bisaTerbang);
→ Menampilkan Semua burung pasti bias terbang?dari
folder makhlukhidup,hewan dikelas Burung dan mengirimkan nilai True dari
atribut bisaTerbang
makhlukhidup.hewan.Burung b = new
makhlukhidup.hewan.Burung("Beo");
→ Dari folder makhlukhidup.hewan dari kelas Burung
membuat objek baru yang bernama b dan mengirim nilai Beo
}
}
Hasil :
Nama : Sayuti
Nama : Palem
Semua burung pasti
bias terbang?true
Nama burung : Beo
Program MainMakhlukHidupPakeImport.java
//file MainMakhlukHidup harus berada dalam folder
Meet6
import makhlukhidup.*; → Memanggil semua file
import makhlukhidup.hewan.*;
public class MainMakhlukHidupPakeImport {
public static void main(String [] args) {
Manusia m = new Manusia ("Sayuti");
System.out.println("nama : "+m.nama); →
Panggil atribut nama dari objek m dan mengirm Sayuti
Tumbuhan t = new Tumbuhan ("Palem");
System.out.println("nama : "+t.nama);
→ Panggil atribut nama dari objek t dan mengirm Palem
System.out.println ("Semua burung pasti bisa
terbang?"+Burung.bisaTerbang);
Burung b = new Burung ("Beo");
}
}
Hasil :
Nama : Sayuti
Nama : Palem
Semua burung pasti
bias terbang?true
Nama burung : Beo
Program ContohString.java
public class ContohString {
public static void
main(String[] args) {
String Kalimat =
"Selamat belajar JAVA";
System.out.println("toUpperCase :"+Kalimat.toUpperCase());
→ Menampilkan Selamat belajar
JAVA menjadi huruf Kapital SELAMAT BELAJAR
JAVA
JAVA
System.out.println("tolowerCase
:"+Kalimat.toLowerCase());
→ Menampilkan Selamat belajar JAVA menjadi huruf
kecil selamat belajar java
System.out.println("Jumlah karakter : " +Kalimat.length());
→ Menampilkan Jumlah Karakter tulisan dari
atribut Kalimat dengan menggunakan
method length yaitu 20
method length yaitu 20
System.out.println("Karakter index ke 0 : " +Kalimat.charAt(0));
→ Menampilkan Karakter Index ke 0 dari atribut Kalimat
dengan menggunakan method
charAt dengan posisi indeks yaitu S
charAt dengan posisi indeks yaitu S
System.out.println("Substring(16,20) : " +Kalimat.substring(16,20));
→ Menampilkan Substring ke (16,2) pada Selamat belajar
JAVA tulisan dari atribut
Kalimat yang menghasilkan kata JAVA
Kalimat yang menghasilkan kata JAVA
System.out.println("Karakter index ke 0 : " +Kalimat.trim());
→ Menampilkan Karakter Index ke 0 dari atribut Kalima
yaitu Selamat belajar JAVA
}
}
Hasil :
toUpperCase : SELAMAT
BELAJAR JAVA
toLowerCase : selamat belajar
java
Jumlah karakter : 20
Karakter Index ke 0 :
S
Substring(16,20) :
JAVA
Karakter index ke ) :
Selamat belajar JAVA
Program OpMatematika.java
public class OpMatematika {
public static void main(String[ ]
args) {
System.out.println("E
= " +Math.E);
System.out.println("PI
= " +Math.PI);
System.out.println("Ln
20
= " +Math.log(20.0));
System.out.println("ceil(-5.6)
= " +Math.ceil(-5.6));
System.out.println("floor(-5.6)
= " +Math.floor(-5.6));
System.out.println("round(-5.6)
= " +Math.round(-5.6));
System.out.println("sqrt(25)
= " +Math.sqrt(25));
System.out.println("pow(25,0.5)
= " +Math.pow(25,0.5));
}
}
Hasil :
E
= 2.718281828459045
PI
= 3.141592653589793
Ln 20
= 2.995732273553991
Ceil<-5.6>
= -5.0
floor<-5.6>
= -6.0
round<-5.6>
= -6
sqrt<25>
= 5.0
pow<25.0.5
= 5.0
Tidak ada komentar:
Posting Komentar